Kunjungan ke Pabrik Cokelat Monggo

Kunjungan ke Pabrik Cokelat Monggo

Pada hari Selasa, 19 Maret 2019, kelas 1 Ibnu rusyd SDIT Samawi berkunjung ke pabrik cokelat Monggo yang berlokasi di Kasihan. Siswa berangkat dari sekolah pada pukul 08.30 WIB, setelah pelajaran Al Qur’an Pagi dan sholat dhuha. Siswa tiba di pabrik cokelat Monggo pukul 09. 00 WIB. Setibanya di pabrik cokelat Monggo, siswa disambut oleh petugas. Petugas tersebut membimbing praktek membuat cokelat dan membimbing siswa ketika berkunjung ke museum cokelat Monggo. Kunjungan  ini bertujuan untuk melatih jiwa wirausaha siswa. Selain itu, siswa juga mendapat pengetahuan tentang sejarah masuknya cokelat   di Indonesia melalui kunjungan museum cokelat Monggo dan penjelasan dari petugas. Setelah kunjungan ini, diharapkan dapat menanamkan jiwa enterpreuneur siswa.

Santri Preuneur

SDIT Samawi mempunyai beberapa program unggulan. Salah satu program unggulan tersebut adalah santri preuneur. Santri preuneur merupakan satu program yang bertujuan agar siswa (santri) dapat menciptakan sebuah karya yang mempunyai nilai ekonomis.

Dalam rangka mewujudkan program santri preuneur, maka siswa kelas 1 Ar Rozzy SDIT Samawi, mengadakan kunjungan ke pabrik cokelat Monggodi Kasihan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 Maret 2019. Siswa berangkat pad pukul 08.30 WIB, setelah kegiatan al qur’an pagi dan sholat dhuha. Setibanya di lokasi, siswa disambut oleh mbak Mela, selaku karyawan pabrik cokelat Monggo. Mbak Mel, bertugas untuk membimbing siswa dalam praktek pembuatan cokelat. Praktek pembuatan cokelat berlangsung selama satu jam. Setelah itu, dilanjutkan kunjungan ke museum cokelat Monggo dipandu oleh Mbak Mel. Dalam kunjungan ini, diharapkan siswa (santri) mendapatkan pengetahuan dan menumbuhkan jiwa wirausaha santri sejak dini.

Praktek Membuat Karya Seni Tiga Dimensi di Kasongan

SDIT Samawi Bantul menggunakan kurikulum 2013. Dalam kurikulum tersebut terdapat pelajaran tematik terpadu. Salah satu muatan pelajaran dalam tematik terpadu adalah pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Dalam SBdP ada materi tentang karya seni dua dan tiga dimensi. Contoh karya seni dua dimensi adalah foto, kolase, mozaik, batik, lukisan. Sedangkan contoh karya seni tiga dimensi adalah vas, guci, piala, boneka, dsb.

Dalam rangka mengapresiasi karya seni tiga dimensi maka kelas 1 Ar Rozzy, berkunjung ke sentra pembuatan gerabah di kasongan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada rabu, 13 Maret 2019. Siswa berangkat dari sekolah pukul 08. 30, setelah pelajaran al qur’an pagi dan sholat dhuha selesai. Setibanya di lokasi, siswa mendapat pengarahan dari Bapak Ngadiman, selaku pembuat karya seni tiga dimensi. Siswa sangat antusias ketika mencoba membuat berbagai macam karya seni tiga dimensi dari bahan alam. Ada beberapa bentuk yang dibuat oleh anak-anak. Bentuk-bentuk tersebut diantaranya, bentuk bunga, ikan, boneka, guci, vas. Kegiatan ini bertujuan agar siswa mendapat pengetahuan tentang karya seni tiga dimensi dari nara sumber selain guru. Setelah kegiatan ini, diharapkan siswa mampu membuat dan membedakan karya seni tiga dimensi dari bahan alam dan bahan buatan.

      

SD IT Samawi adalah sekolah dasar yang lahir dan tumbuh di lingkungan pesantren. Di bawah naungan Yayasan Muhammad Idris yang beralamat di Tajeman, Palbapang, Bantul, SD IT Samawi memadukan pendidikan umum dengan pendidikan agama berbasis Pondok Pesantren. SD IT Samawi melaksanakan program full day school.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *